🔹 Command Dasar

  1. LINE (L) → Membuat garis lurus.

  2. CIRCLE (C) → Membuat lingkaran.

  3. RECTANGLE (REC) → Membuat persegi panjang.

  4. ARC (A) → Membuat busur.

  5. POLYLINE (PL) → Membuat garis polyline (garis terhubung).

  6. POLYGON → Membuat poligon (segibanyak).

  7. ELLIPSE (EL) → Membuat elips/oval.


🔹 Command Modifikasi

  1. MOVE (M) → Memindahkan objek.

  2. COPY (CO) → Menggandakan objek.

  3. ROTATE (RO) → Memutar objek.

  4. SCALE (SC) → Mengubah ukuran objek.

  5. MIRROR (MI) → Membuat cerminan objek.

  6. OFFSET (O) → Membuat garis sejajar.

  7. TRIM (TR) → Memotong objek sesuai batas.

  8. EXTEND (EX) → Memperpanjang objek hingga batas tertentu.

  9. FILLET (F) → Membuat sudut lengkung.

  10. CHAMFER (CHA) → Membuat sudut serong.

  11. STRETCH (S) → Memanjangkan bagian objek.

  12. ERASE (E) → Menghapus objek.


🔹 Command Tampilan

  1. ZOOM (Z) → Zoom in/out tampilan gambar.

  2. PAN (P) → Menggeser tampilan gambar.

  3. REGEN (RE) → Memperbarui tampilan layar.


🔹 Command Layer & Properti

  1. LAYER (LA) → Mengatur layer.

  2. MATCHPROP (MA) → Menyamakan properti antar objek.

  3. PROPERTIES (PR) → Menampilkan/ubah properti objek.


🔹 Command Dimensi & Teks

  1. DIM (D) → Memberi dimensi ukuran.

  2. TEXT (T) → Membuat teks satu baris.

  3. MTEXT (MT) → Membuat teks banyak baris.

  4. HATCH (H) → Mengisi area dengan arsiran/pola.

  5. LEADER (LE / QLEADER) → Membuat garis penunjuk dengan teks.


🔹 Command Utility

  1. BLOCK (B) → Membuat blok.

  2. INSERT (I) → Menyisipkan blok.

  3. WBLOCK (WB) → Menyimpan objek sebagai file blok.

  4. EXPLODE (X) → Memecah blok atau objek gabungan.

  5. DIST (DI) → Mengukur jarak antar titik.

  6. AREA (AA) → Menghitung luas area.

  7. OSNAP (F3) → Mengaktifkan snap titik (endpoint, midpoint, center, dll.).

  8. GRID (F7) → Menampilkan grid.

  9. ORTHO (F8) → Menggambar lurus horizontal/vertikal.

  10. UNDO (U / CTRL+Z) → Membatalkan perintah terakhir.

  11. REDO (CTRL+Y) → Mengulangi perintah yang dibatalkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Software, Hardware, dan Brainware

Protokol Jaringan

UTS LISAN (CIRCLE, MIROR, EXTEND)